Top Ad 728x90

Sabtu, 06 Februari 2016

,

Pola Makan Sehat Seperti Apa?

Makanan merupakan salah satu komponen penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Makanan merupakan sumber energi bagi tubuh dan berfungsi membantu menjaga keseimbangan fungsi organ di dalam tubuh manusia. Menerapkan pola makan sehat merupakan salah satu cara untuk mempertahankan kondisi tubuh agar selalu fit dan sehat. Bagaimanakah cara menerapkan pola makan sehat? Apakah sulit untuk diterapkan? Mari kita simak ulasannya.

  1. Makan dengan Porsi yang Seimbang


Untuk menjaga tubuh tetap sehat, kitamemerlukan berbagai zat yang bisa membantu menjaga keseimbangan hormon dan kinerja organ. Zat-zat yang dibutuhkan antara lain: karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Semua zat yang dibutuhkan tersebut terdapat pada makanan, oleh karena itu makanlah dalam porsi yang seimbang. Porsi makan yang seimbang terdiri dari makanan yang mengandung karbohidrat, seperti nasi, gandum, atau roti; mengandung protein dan lemak yang terdapat pada lauk pauk; serta vitamin dan mineral dari buah-buahan dan sayuran.

  1. Jangan Lewatkan Sarapan Pagi


Sarapan pagi merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan, karena sarapan pagi mampu memberikan energi bagi tubuh kita untuk bisa beraktivitas secara energik. Banyak orang yang menghindari sarapan pagi agar dapat menurunkan berat badan, tetapi hal ini justru membuat berat badan jadi sulit turun. Orang yang menghindari sarapan pagi malah memiliki kecenderungan untuk makan siang dalam porsi banyak, akibat kelaparan saat beraktivitas sejak pagi, sehingga membuat berat badan justru semakin naik. Jika Anda termasuk orang yang super sibuk dan tidak sempat untuk sarapan pagi, maka Anda bisa mencoba menu kilat sarapan pagi seperti roti selai dan segelas susu. Jika menu sarapan pagi Anda tidak mengandung sayur, Anda bisa menambahkan menu berbahan sayur pada makan siang dan makan malam.

  1. Jangan Makan Utama di Atas Jam 7 Malam


Tidak makan malam lebih dari jam 7 malam dapat membantu Anda untuk mengontrol berat badan, karena setelah jam 7 malam tubuh sudah mulai berkurang aktivitasnya.Jadi jika kita mengonsumsi makanan yang tinggi kalori, maka lemak yang terdapat dalam menu makan malam akan tertimbun di dalam tubuh dan menyebabkan kegemukan.

  1. Pilih Camilan yang Rendah Kalori


Jika Anda penyuka camilan, sebaiknya Anda pilih camilan yang rendah kalori dan menyehatkan. Beberapa camilan yang baik untuk dikonsumsi antara lain: kacang almond yang mengandung omega 3 dan protein, keripik buah yang mengandung vitamin, keripik bayam yang mengandung zat besi, sumpia yang mengandung protein, dan berbagai jenis camilan sehat lainnya.

  1. Makan Buah Setiap Hari


Buah sebaiknya dikonsumsi secara rutin setiap hari. Buah yang dikonsumsi tidak harus mahal.Banyak buah yang bisa didapat di sekitar kita, yang bisa dikonsumsi secara variatif setiap harinya, misalnya pisang, sawo, belimbing, jambu biji, nangka, mangga, dan lain sebagainya. Mengonsumsi buah juga dapat membuat kita awet muda, karena buah mengandung antioksidan yang dapat mencegah terjadinya kerusakan sel dan penuaan dini.

  1. Banyak Minum Air Putih


Banyak mengonsumsi air putih sangat baik bagi kesehatan. Air merupakan komponen terbesar dalam struktur anatomi tubuh manusia. Kekurangan air dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, seperti gangguan fungsi ginjal, konstipasi, dan penurunan kemampuan konsentrasi. Jumlah konsumsi rata-rata yang dianjurkan adalah 2.000 hingga 2.500 ml per hari bagi orang dewasa sehat tanpa gangguan ginjal dan jantung.

Menjaga pola makan sehat berarti menjaga agar tubuh kita tetap fit dan aktif. Kesehatan bukan segalanya, tetapi tanpa kesehatan segalanya tidak berarti apa-apa.Jadi mari jaga kesehatan dengan menjaga pola makan. (ADS)

0 komentar:

Posting Komentar

Top Ad 728x90