Top Ad 728x90

Rabu, 10 Februari 2016

, , , , , , ,

Manfaat Kebugaran Jasmani dari Rutin Berolahraga

Secara istilah, kebugaran jasmani memiliki arti kondisi tubuh yang prima dan memiliki kemampuan dalam melakukan segala aktivitas sehari-hari. Kondisi ini didapatkan dari rutinnya seseorang melaksanakan aktivitas fisik yang diimbangi dengan gaya hidup dan pola makan sehat. Ada banyak manfaat kebugaran jasmani yang bisa kita rasakan jika kita mau berkomitmen dalam menggalakkan gaya hidup sehat. Apa saja manfaatnya? Kita simak ulasannya berikut ini.

Bebas dari Obesitas


Aktivitas fisik dapat membantu kita mengurangi jumlah kalori berlebih dalam tubuh. Orang yang malas melakukan aktivitas fisik memiliki risiko penumpukan zat-zat makanan yang akan berujung pada obesitas. Melakukan aktivitas fisik atau olahraga secara teratur terbukti mampu menjaga berat badan agar tetap ideal, sebab kalori yang masuk ke dalam tubuh akan langsung diproses menjadi energi ketika seseorang menggerakkan tubuhnya. Nah, untuk itu, ayo kita mulai membiasakan diri berolahraga sejak dini agar terhindar dari obesitas.

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung Koroner


Penyakit jantung koroner dinilai sebagai salah satu penyakit yang menalan korban jiwa paling banyak. Jantung koroner dapat menyerang korban dari berbagai usia, sekalipun mereka yang berada pada usia produktif. Penyebab terjadinya jantung koroner adalah terhambatnya aliran darah oleh zat lemak yang menempel di sekitar pembuluh darah. Solusi paling efektif untuk mencegah penyakit jantung koroner adalah dengan berolahraga. Aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin dapat melatih tubuh dan otot jantung agar dapat bekerja lebih optimal. Penyakit degeneratif seperti stroke pun dapat diminimalisasi risikonya dengan berolahraga.

Mencegah Osteoporosis


Penyakit tulang keropos ini sangat erat kaitannya dengan para manula. Munculnya osteoporosis biasanya berawal dari kebiasaan buruk atau kurangnya melakukan aktivitas fisik saat berusia muda. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa, anak-anak yang sering bergerak memiliki tulang yang lebih kuat. Untuk itu, biasakan melakukan latihan-latihan kebugaran jasmani sedari dini agar tulang kita tetap kuat hingga kelak di masa tua.

Meningkatkan Sistem Imun


Daya tahan tubuh tidak hanya dipengaruhi oleh asupan makanan. Latihan fisik pun membantu kita untuk memperkuat sistem imun, sebab bisa membantu sistem peredaran darah dan oksigen dalam tubuh. Regenerasi sel tubuh pun dapat berjalan optimal, sehingga sistem imun akan terbentuk lebih cepat.

Sendi Menjadi Lebih Lentur


Sendi yang lentur akan membuat pergerakan kita menjadi lebih lancar. Salah satu cara efektif untuk menjaga kelenturan sendi, bahkan setelah tua nanti, adalah dengan melatih kebugaran jasmani. Latihan fisik dapat mengurangi kadar asam laktat yang membuat kita merasa pegal dan tegang.

Meningkatkan Kadar Lemak Baik


Menurut penelitian, latihan ringan seperti joging atau jalan kaki selama kurang lebih 60 menit dinilai mampu meningkatkan jumlah HDL (High Density Lipoprotein) atau yang dikenal dengan lemak baik. Meningkatnya kadar lemak baik akan membantu mengurangi LDL atau lemak jahat yang banyak menimbulkan berbagai macam penyakit, mulai dari obesitas hingga penyakit jantung koroner.

Ada begitu banyak manfaat kebugaran jasmani yang dapat kita rasakan dari berolahraga secara rutin. Untuk itu, ayo kita mulai mengubah gaya hidup kita menjadi lebih baik agar tidak menyesal di kala tua nanti. (ADS)

0 komentar:

Posting Komentar

Top Ad 728x90