Top Ad 728x90

Jumat, 12 Februari 2016

, , ,

Apa Saja Makanan Sehat Ibu Hamil?

Hamil dan memiliki keturunan tentu menjadi hal yang diimpikan olehsebagian besar wanita. Hamil merupakan masa-masa yang menyenangkan sekaligus merupakan masa perjuangan bagi ibu untuk bisa melahirkan bayi yang sehat dan normal. Salah satu penunjang agar bayi lahir normal dan sehat adalah asupan nutrisi yang adekuat. Berikut daftar makanan sehat ibu hamil yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil selama mengandung:

  1. Kacang Almond


Kacang Almond merupakan salah satu jenis kacang yang disarankan untuk dijadikan camilan oleh ibu hamil. Kacang almond mengandung protein tinggi,asam folat,kalsium, potasium dan vitamin E. Protein bermanfaat untuk menunjang pertumbuhan sel-sel dan organ bayi. Asam folat berfungsi untuk mencegah kecacatan pada janin. Kalsium berfungsi untuk menguatkan tulang ibu dan menunjang pembentukan tulang janin di dalam kandungan. Potasium membantu menstabilkan tekanan darah ibu sehingga dapat mengurangi risikoterjadinya preeklamsi maupun eklamsi pada ibu hamil.

  1. Pisang


Pisang merupakan buah yang disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil sesering mungkin. Pisang mengandung zat asam folat yang cukup tinggi. Selain mengandung asam folat yang dapat membantu mencegah kecacatan pada janin, pisang juga dapat membantu ibu hamil agar tidak mengalami konstipasi.

  1. Bayam


Bayam merupakan sayuran yang banyak mengandung zat besi. Zat besi diperlukan oleh tubuh untuk mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh, termasuk kepada janin. Kekurangan oksigen pada janin dapat menyebabkan kegawatan, bahkan kematian pada janin. Ibu perlu mengonsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung zat besi agar janin yang ada di dalam kandungan tidak mengalami kekurangan oksigen. Ibu sebaiknya juga mengonsumsi suplemen zat besi tambahan jika tidak yakin asupan zat besinya cukup tinggi atau ibu mengalami anemia.

  1. Kacang hijau


Kacang hijau merupakan jenis makanan yang banyak memiliki manfaat bagi ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Kacang hijau mengandung protein, dan vitamin E. Protein nabati yang terkandung di dalam kacang hijau bermanfaat untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan, dan membuat rambut janin tumbuh lebat. Vitamin E yang terkandung di dalam kacang hijau juga bermanfaat untuk kesehatan kulit ibu dan dan janin.

  1. Telur


Telur sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Di dalam telur terdapat kandungan zat bernama Kolin. Zat Kolin ini sangat bermanfaat untuk perkembangan otak bayi. Jika Anda menginginkan perkembangan otak bayi Anda optimal, maka mengonsumsi telur setiap hari sangat disarankan.

  1. Alpukat


Alpukat merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin cukup lengkap dan sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan alpukat antara lain asam folat, vitamn K, vitamin C, serat, vitamin B6, dan serat. Alpukat juga mengandung asam lemak tidak jenuh yang sangat bermanfaat untuk melindungi kesehatan jantung ibu dan bayi. Alpukat juga dapat meningkatkan perkembangan otak bayi dan mengurangi morning sickness pada kehamilan trimester awal.

  1. Minyak ikan dan ikan laut


Minyak ikan dan ikan laut merupakan makanan yang mengandung Omega 3. Omega 3 sangat baik untuk perkembangan otak janin. Jenis ikan yang paling banyak mengandung Omega 3 adalah ikan salmon, ikan hering, dan ikan tuna. Jika ibu kesulitan mendapatkan jenis ikan tersebut, ibu bisa menggantinya dengan suplemen berupa minyak ikan.

Makanan dengan nilai gizi baik dan seimbang sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu selama periode kehamilan, agar janin tumbuh sehat dan optimal. Demikian ulasan mengenai makanan sehat ibu hamil. Semoga bermanfaat dan selamat memberikan nutrisi terbaik untuk buah hati Anda. (ADS)

0 komentar:

Posting Komentar

Top Ad 728x90